by

Kapolda Gorontalo Pimpin Sosialisasi DVI

-Daerah-372 Views

REDAKSIGORONTALO.ID – Polda Gorontalo, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Gorontalo Irjen Pol Drs. Angesta Romano Yoyol MM, memimpin sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Disaster Victim Indentification (DVI) yang dilaksanakan oleh Bid Dokkes Polri yang bersama Bid Dokkes Polda Gorontalo. Selasa, (09/08/2023). Bertempat di Aula Titinepo Mapolda Gorontalo.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kabid DVI Pusdokkes Polri drg. Ahmad Fauzi, So.Of, MM., Kabid Dokkes Polda Gorontalo drg. Moch. Toto Sugiarto dan Personil Bid Dokkes Polda Gorontalo dan Personil Urusan Kesehatan Polres Jajaran.

Dalam sambutannya, Kapolda Gorontalo Irjen Pol Angesta Romano Yoyol mengatakan bahwa peran Disaster Victim Identification (DVI) Polri mempunyai kontribusi yang sangat besar dalam mengidentifikasi korban bencana alam, dikatakan hal ini disebabkan karena Indonesia merupakan negara yang memiliki tingkat kerawanan tinggi terjadinya bencana terutama bencana yang disebabkan oleh faktor alam

“Peran DVI juga sangat penting dalam mengidentifikasi korban dan pelaku pasca terjadinya tragedi teror bom. Tingginya tingkat kejadian bencana alam dan Antisipasi penanganan pasca terjadinya teror bom menjadi tantangan Polri baik saat ini maupun yang akan datang. Sehingga di dalam mengantisipasi hal tersebut, Polri dituntut memilikinya kemampuan yang didukung ilmu pengetahuan dan teknologi dari berbagai disiplin ilmu kedokteran Kepolisian,”ujar Kapolda

Lebih lanjut orang nomor satu di Polda Gorontalo tersebut menjelaskan bahwa Disaster Victim Indentification (DVI) adalah suatu prosedur yang telah ditentukan untuk mengidentifikasi korban yang meninggal secara ilmiah dalam insiden atau bencana masal bedasarkan protokol interpol yang merupakan prosedur yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan hasilnya kepada masyarakat dan hukum.

“Untuk itu, Sebagai salah satu bentuk keseriusan Polri dalam menyamakan persepsi dengan segenap instansi pengemban fungsi penanggulangan bencana, khususnya pada pelaksanaan operasi DVI Pusdokkes Polri bersama Bid Dokkes Polda Gorontalo melaksanakan kegiatan Sosialisasi sebagaimana yang kita laksanakan pada hari ini,”ungkapnya

Sebelum mengakhiri sambutannya, Irjen Pol Angesta Romano Yoyol berharap kepada pihaknya agar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Untuk para peserta agar kiranya dapat memahami materi yang akan diberikan sebaik-baiknya, sehingga nantinya para peserta mendapatkan gambaran yang jelas mengenai DVI untuk selanjutnya dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas masing-masing. Dan kepada Kabid DVI Pusdokkes Polri beserta Tim sosialisasi kiranya dapat memberikan materi yang mudah dan bisa diterima oleh para peserta, sehingga diharapkan nantinya materi yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para peserta dalam menjalankan tugas sesuai profesi masing-masing,”tegas Kapolda.