by

Polda Gorontalo Siapkan Langkah Cegah Konflik Jelang Pemilu 2024

-Daerah, Nasional-537 Views

Gorontalo – Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo menyiapkan sejumlah langkah untuk mencegah terjadinya konflik ditengah masyarakat jelang pelaksanaan Tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akmad Wiyagus, SIK, mengungkapkan Pemilu 2024 berbeda dengan proses pemilihan tahun-tahun sebelumnya.

“Pemilu 2024 lebih kompleks, karena dilaksanakan secara serentak. Namun Polri khususnya Polda Gorontalo memastikan dan mengantisipasi ancaman gangguan keamanan pada pesta Demokrasi ini,” kata Kapolda Gorontalo.

Kesiapan dalam melakukan pencegahan, pengamanan dan pengawasan, sebagaimana yang sudah disampaikan oleh Kapolri, Polri sudah siapkan pengamanan Pemilu 2024 lebih awal.

Apa saja ancaman dan gangguan terhadap jalannya Pemilu 2024, Wiyagus mengatakan jika Polda Gorontalo melalui Fungsi Intelijen sudah melakukan pemetaan rawan Kamtibmas.

“Pemetaan potensi rawan konflik pada Pemilu 2024 terus dilakukan, agar pesta Demokrasi lima tahunan ini berjalan dengan aman dan tertib, sehingga proses demokrasi tidak tercederai,” tegas Wiyagus.

Menurutnya untuk mengawal proses demokrasi ini, perlu bekal baik secara Knowledge, Attitude dan Estetika, sehingga pemahanan toleransi terhadap dinamika politik yang berkembang menjadi modal Polri.

“Ada kebanggaan tersendiri bagi Polri untuk mensukseskan seluruh rangkaian tahapan Pemilu 2024,” tutup Wiyagus.