by

Presiden RI Meninjau Stok dan Harga Bahan Pangan di Pasar Wonokromo Surabaya

-Nasional-516 Views

Jakarta – Presiden RI, Joko Widodo tinjau Pasar Wonokromo di Kota Surabaya, guna mengecek stok dan harga bahan pangan, seperti beras, minyak goreng, dan telur, Jatim, Sabtu, 18 Februari 2023. – Jakarta. Presiden RI, Joko Widodo meninjau Pasar Wonokromo di Kota Surabaya, guna mengecek stok dan harga bahan pangan, seperti beras, minyak goreng, dan telur, pada Sabtu, (18/2/2023).

Dalam keterangannya, Jokowi mengatakan harga beras di pasaran sudah cukup baik dengan kisaran Rp9.000 per kilogram. Hal itu berarti operasi pasar yang di jalankan Perum Bulog untuk menstabilkan harga beras sudah berjalan.

“Saya ingin mengecek barang yang sangat penting yang namanya beras. Apakah operasi dari Bulog sudah sampai ke warung, ke pasar-pasar. Saya lihat sudah dan harganya baik, tadi Rp44.000 untuk lima kilo (gram). Artinya, harga di bawah Rp9.000. Tadi kita lihat semua warung ada semuanya dan melimpah di sini,” jelas Jokowi, seperti dilansir Antaranews.com, (18/2/23).

Presiden Jokowi mengatakan bahwa sejumlah daerah sudah memasuki masa panen raya, yakni pada akhir Februari hingga awal Maret.

Dengan panen tersebut, diharapkan stok beras semakin melimpah yang kemudian dapat berpengaruh terhadap harga beras di pasaran.

Selanjutnya Jokowi memperkirakan luas panen nasional pada Februari 2023 mencapai 1 juta hektare, sedangkan pada Maret mencapai 1,9 juta hektare.

Presiden juga meninjau harga bahan pangan lain, seperti minyak goreng dengan harga rata-rata Rp. 14.000 per liter. Kemudian, telur dan bawang merah juga turun meskipun tidak signifikan.

Kepala Negara berharap stabilitas harga pangan di daerah dapat terus dipertahankan, sehingga inflasi baik di daerah maupun nasional secara keseluruhan dapat dikendalikan dengan baik.