by

Usulan Keluar Dari AFF Pindah Ke EAFF, Apa Untung Ruginya Buat Timnas Indonesia

-Olahraga-336 Views

Bravosepakbola.com – Wacana dan usulan nitizen serta suporter Timnas Indonesia agar Skuad Garuda hengkang dari AFF disambut antusias oleh Federasi Sepak bola Asia Timur (EAFF). Usulan ini muncul buntut dari kekecewaan pada event AFF U-19 baru – baru ini laga Vietnam melawan Thailand yang dianggap “main mata”.

Sayangnya PSSI sendiri hingga kini masih belum mengambil keputusan.
Apabila Timnas Indonesia bergabung dengan EAFF tentu dapat meningkatkan level permainan Timnas Indonesia. Pasalnya, tim-tim yang ada di EAFF merupakan langganan Piala Asia hingga Piala Dunia seperti Korsel dan Jepang.

Bagi Timnas Indonesia melawan negara langganan Piala Dunia jelas lebih mendapatkan pengalaman berharga ketimbang bersaing di AFF. Perbedaannya adalah turnamen yang akan diikuti nantinya bakal lebih kompetitif.

Namun untuk suporter lokasi jauhnya jarak antara negara-negara Asia Timur bakal berdampak langsung pada dukungan suporter Timnas Indonesia. PSSI mungkin saja bakal berpikir dengan cermat terkait keinginan dari nitizen tersebut.

Sementara itu bagi AFF tentu bakal merugi bila Indonesia memutuskan pindah ke EAFF. Seperti diketahui, Indonesia merupakan negara yang masyarakatnya sangat menggilai sepak bola. Potensi penonton adalah market rating dan share bagi sponsornya.

Setiap event yang diselenggarakan AFF berupa turnamen U-16, U-19, U-23, hingga senior selalu dibanjiri penonton Indonesia. Tayangan televisi selalu jadi pendapatan besar AFF. Antusiasme masyarakat Indonesia juga meningkatkan level dari turnamen AFF.
Tanpa Indonesia, turnamen yang digelar AFF berpotensi tak menarik lagi. AFF tentu tidak akan tinggal diam terkait rencana kepindahan Indonesia ke EAFF.

Pada kesempatan yang lain, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengakui perlu diadakan diskusi lanjutan untuk menghitung segala kemungkinan berupa untung rugi buat Timnas Indonesia.

“Nanti akan didiskusikan secara matang. Terima kasih karena itu bukti kecintaan masyarakat terhadap Timnas Indonesia,” ujar Iriawan.
“Ini memang harus didiskusikan secara matang karena enggak bisa langsung diputuskan. Kami harus tahu juga untung dan ruginya,” tegas pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.(*)

The post Usulan Keluar Dari AFF Pindah Ke EAFF, Apa Untung Ruginya Buat Timnas Indonesia appeared first on Bravo Sepak Bola.